11 February 2013

Pendaftaran STIN 2013/2014

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), membuka pendaftaran kembali untuk tahun 2013/2014. Memang, semenjak Badan Intelijen Negara (BIN) dikomandoi oleh Letjen TNI Marciano Norman, Badan yang satu ini menerapkan transparansi, ingin layaknya CIA di Amerika Serikat atau Mossad di Israel, dimana masyarakatnya bangga dan senang dengan badan mata-mata negara mereka. Inilah yang salah satu yang dikejar oleh BIN masa sekarang, namun tentu sulit sekali kondisi ini tercapai karena bayangan masyarakat Indonesia masih dihantui oleh begitu seramnya BIN kala pemerintahan Orde Baru.
STIN ialah sebuah akademi yang dibentuk di bawah naungan BIN, yang dirancang untuk membentuk insan intelijen. Dahulu, sekolah yang satu ini sangat menutup rapat-rapat sekali dari yang namanya informasi ke publik, sehingga tak ayal banyak siswa yang mendambakan meneruskan sekolah kesana mengurungkan niat. Sekarang, transparansinya begitu jelas. Berikut informasi penerimaan mahasiswa STIN tahun 2013/2014.

PENERIMAAN MAHASISWA STIN TAHUN AKADEMIK 2013/2014
Persyaratan
A. Umum
  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Siswa SMU/SMK/MA kelas XII tahun 2013, dan lulusan 2012 yang sedang mengikuti kuliah di Perguruan Tinggi Negeri
  3. Nilai rata-rata raport kelas X, XI dan semester 1 kelas XII minimal 7.00
  4. Tidak cacat fisik dan mental
  5. Tinggi badan putra minimal 165 cm dan putri 160 cm, dengan berat badan ideal
  6. Tidak bertato dan tidak bertindik bagi putra
  7. Jika berkacamata maksimal +(plus) atau -(minus) 0.50
B. Administrasi
  1. Surat ijin Orang Tua/Wali
  2. Foto Copy raport yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
  3. Surat keterangan berbadan sehat, tidak buta warna dari Puskesmas/RSUD
  4. Surat keterangan bebas NARKOBA dari RSUD
  5. SKCK dari Kepolisian setempat
  6. Surat keterangan belum pernah menikah dari Kepala Desa/Kelurahan
  7. Pas foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 6 lembar, bagi putra latar belakang merah dan bagi putri latar belakang biru
  8. Foto copy Akte Kelahiran/Kenal Lahir
  9. Daftar Riwayat Hidup singkat
  10. Foto copy KTM bagi peserta yang sedang kuliah di PTN
  11. Berkas dimasukan dalam map warna merah (putra) dan biru (putri)
  12. Calon peserta dapat memilih jadwal dan tempat seleksi dengan menuliskan pada kiri atas amplop
Berkas administrasi harus sudah diterima paling lambat 3 minggu sebelum jadwal seleksi dari setiap kota (stempel pos) dan dikirim ke PO BOX 211 BOGOR 16002

Ujian Masuk
Seleksi Penerimaan Mahasiswa STIN 2013/2014 dengan sistem gugur melalui tahapan:
  1. Seleksi Administrasi
  2. Tes Potensi Akademik
  3. Tes Psikologi
  4. Tes Kesehatan Jiwa
  5. Tes Kesehatan
  6. Kesamaptaan
  7. Wawancara
  8. Pantukhir
Jadwal dan Tempat Seleksi
4 s/d 8 Maret 2013 : Jakarta-Magelang-Surabaya
13 s/d 17 Maret 2013 : Medan-Denpasar-Palembang
1 s/d 5 Mei 2013 : Balikpapan-Makassar

Pelaksanaan seleksi dan pendidikan tidak dipungut biaya

Informasi lebih lengkap dapat menghubungi :
SEKOLAH TINGGI INTELIJEN NEGARA
Kampus STIN, Sentul
BOGOR 16810

Tlp./Fax 0251-8271470/484/485/468
HP.0813-80061847/0858-010177856

Sumber : bin.go.id/stin

150 comments:

Anonymous said...

utk tempat seleksi jakarta paling lama berkas administrasinya tanggal berapa

h3ru said...

@atas ane : Jkt berarti maksimal ngirim tgl 15 Feb 2013, atau besok. Cap Pos

Aryosuprionugroho said...

kalau untuk magelang paling lama berkas administrasinya tanggal berapa?

Anonymous said...

kalau lulusan tahun 2012 yang tidak sedang kuliah boleh daftar gak???

h3ru said...

@Aryosuprinugroho : sama kayak jakarta

@Anonymous : boleh2 saja, kalau yang sedang kuliah saja boleh, pasti yang sedang tidak kuliah malah lebih boleh

Anonymous said...

tes semaptaannya apa aja?

HANA KAHIRI said...

KALAU DI JAKARTA KAPAN TESNYA?

Anonymous said...

calon pesrta dari surabaya tempat tes nya dimana dan siapa saja?

h3ru said...

Utk semuanya, mohon dibaca lagi tulisan saya
Tes dilakukan di delapan lokasi yaitu JAKARTA, MAGELANG, SURABAYA, PALEMBANG, DENPASAR, MEDAN, BALIKPAPAN, MAKASSAR

Silahkan memilih lokasi terdekat dengan domisili Anda, perhatikan kapan jadwal administratifnya juga. Sampai tgl 24 Februari 2013, berarti utk yg memilih lokasi tes di JAKARTA, MAGELANG, SURABAYA, PALEMBANG, DENPASAR, MEDAN sudah tidak bisa lagi, karena sudah lewat deadline pengiriman formulir

Anonymous said...

untuk test diMagelang,lokasi tepatnya dimana?

h3ru said...

Silahkan ditunggu saja, nanti pihak STIN akan menghubungi Anda, atau jika ingin tahu secepatnya, hubungi nomor telepon kampus STIN

Anonymous said...

bg, penerimaan berkas khusus medan paling lama kapan bg?
atau sudah lewat.
terima kasih

h3ru said...

Medan-Denpasar-Palembang maksimal pengiriman berkas tgl 24 Februari 2013 cap POS, jadi sudah lewat

Andhi Imran said...

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
yang dimaksud Surat ijin tuh gimana.. bisa diberian contoh ngga.. dan apakah itu dibuat oleh si pengirim/peminat..?
mohon di reply secepatnya..

TRIMS

Andhi Imran said...

Yang saya maksud Surat Ijin Dari Orang tua..

h3ru said...

Buat Andhi, itu surat yg dibuat dari Orang Tua Andhi, isinya kalau Orang Tua Andhi bersedia memberikan izin kepada Andhi utk menempuh kuliah di STIN dan untuk jenjang karir selanjutnya di STIN.

Tahu sendiri tho resikonya menjadi lulusan STIN itu kayak gmn?? Maaf agak malem saya bls komennya

uttono bagus septiawan said...

tahun depan, kira-kira bulan pa pembukaannya lagi.......
soalnya saya tahun ini ketinggalan pendaftaran.

n STIN ada prodinya pa gag kya STAN.....

h3ru said...

Buat Bagus Septiawan, kemungkinan sama dengan tahun ini, sekitar bulan Februari ada informasi mengenai pendaftaran, namun tidak menutup kemungkinan lebih cepat atau lambat dari bulan Februari utk tahun depan
Untuk program studi saya kurang begitu tahu, soalnya tidak ada informasi yang dirilis ke publik, tidak seperti di STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara) yang dirilis informasi program studinya ke publik.

achmadsho said...

kirim berkasnya harus lewat pos? Tiki ato jne ga boleh?

h3ru said...

@achmadsho : via POS

achmadsho said...

oke, thanks :)

dns said...

ga ada gelombang kedua ya?

h3ru said...

@dns : taun depan

Anonymous said...

misal kan daftar nya di kota lain dan di terima

tapi kita ikut pendidikan nya di jakarta bisa gak om ?

h3ru said...

Semua peserta yang diterima akan sekolah di STIN, Sentul, Bogor

Anonymous said...

stin sama stsn sama gak sih ? bedanya apa ?

Maryanto neutron said...

mas kalo diskck saya sudah terlanjur tertulis untuk persyaratan test badan intelijen negara , bagaimana? bermasalah atau tidak?

h3ru said...

@anonymous : beda, STIN untuk intelijen; STSN untuk sandi, atau keamanan informasi negara

@Maryanto : sebaiknya untuk test masuk STIN, bukan BIN, namun tidak terlalu masalah

Wahyudi ZulHakim said...

Mas kalau mau tau yang info yang lulus Seleksi Administrasinya di mana ya...?

h3ru said...

dek @wahyudi : yg lolos administrasi otomatis dihubungi oleh pihak penyeleksi utk ikut tes seleksi

Wahyudi ZulHakim said...

Maksih Mas,
ni mw nanya lgi ni, hubungi kalau lulusnya tu lewt mana mas, soalnya kan kemarin engk ada kasih buat tempat ngehubungi

ajun rifki said...

pak, ini saya mau tanya. kani ini administrasinya cuman ngirim syarat yg diatas tadi, terus tau nya kita udah terdaftar/ dokumennya udah nyampe gimana? apa ada pengumuman susulan??

h3ru said...

@wahyudi dan ajun : pihak STIN yg akan menghubungi peserta yg lolos, jadi ditunggu aja, kalo tidak lolos, berarti tidak dihubungi

Anonymous said...

Mau tanya nh mas, kan surat ijin orang tua sama daftar riwayat hdupnya dikrim lewat email gak apa apa?
Soalnya dibrosur tulisannya lewat email blh
gmana tu mas?

Anonymous said...

kalo boleh tau, sandi negara sama intelijen negara perbedaan pelatihan nya gimana? karena udah ketinggalan daftar nih di perbolehkan ga misalkan tinggal di daerah mana tapi ikut sleksi nya ke daerah lain?

h3ru said...

Mohon tinggalkan nama ya kalau komentar,
@anonymous1 : baca dengan seksama "Berkas administrasi harus sudah diterima paling lambat 3 minggu sebelum jadwal seleksi dari setiap kota (stempel pos) dan dikirim ke PO BOX 211 BOGOR 16002". Ini informasi langsung dari web Badan Intelijen Negara (sekarang sudah diremove tulisannya)

@anonymous2 : sandi negara itu induknya ke Lemsaneg (baca di Lemsaneg), lebih ke arah pengamanan informasi negara. Silahkan saja mengikuti di wilayah lain jika memungkinkan dan masih dalam masa pendaftaran.

Sulaiman Blackwater said...

Kalau tinggi badan 164 cm bisa daftar ngak pak..

Yulianis Zella said...

Ka heru. Untuk wanita dperbolehkan berjilbab?

h3ru said...

@Sulaiman : saya blm bapak-bapak, tinggi badan pria minimal 165cm.

dek @yulianis : gak masalah pake jilbab.

TIRTASAFETY said...

Sudah tutup ya? pengumuman Pantukhir kapan ya, min?

h3ru said...

@tirta : Balikpapan sama Makassar masih dibuka

Anonymous said...

Mas,saya sudah mengikuti seleksi di jakarta,.
Kapan pengumuman untuk mengikuti pantukhir?

h3ru said...

@anonymous : silahkan ditunggu, nanti pihak panitia seleksi akan menghubungi saudara apabila saudara lolos ke tahap selanjutnya

Anonymous said...

Bang Heru ini pegawai BIN ya?

h3ru said...

@anonymous : maaf, saat ini saya bukan pegawai BIN. Silahkan baca semua tulisan saya, maka Anda akan tahu siapa saya.

Anonymous said...

Kak, aku slh sau sswa yg mndaftar STIN untk wlayah mkassar. Tnggiku 159(cewe). Kra2 ada prtimbngn ngk untk aku bsa lulus ? Nilaiku memadai kok, bdanku jga ideal. Smua persyaratan sdh trpenuhi , cman tnggi doang :( (ikka)

h3ru said...

@ikka : ini ikka yg follow di twitter saya ya?? Kalau sudah 159cm, itu memang deket banget sama 160cm (syarat untuk putri). Tetep daftar aja, kalau masalah lolos enggaknya, serahkan sama Tuhan. InsyaAllah ditambah doanya juga, serta restu dari kedua orang tua.

Semangat, selamat mengikuti Ujian STIN tahun ini :)

Sri Hartanto said...

Daya tampung penerimaan mahasiswanya berapa?

Anonymous said...

asallamualaikum pak heru,saya andi rio septian,.dri sulawesi tengah(palu),sy sdh kirim berkas untuk ikut seleksi stin di wilayah makassar. tapi smpai skarang sy blum tau apakah sy sdh tdaftar untuk mengikuti sleksi trsebut.jdi bgmna cara sy untuk dpat informasih trsebut.

Anonymous said...

Mas,saya sudah mengikuti seleksi di jakarta.ketika tes kesamaptaan saya cuma kuat pull up 3,tapi sit up dan push up saya kuat lebih dari 40 dan lari 6 keliling.
Apakah pull up yang hanya 3 itu mempengaruhi peluang saya untuk lulus seleksi..?

h3ru said...

@Hartanto : yang tahu pihak panitia seleksi dari STIN

@anonymous : kalau anda sudah daftar dan seluruh berkas lengkap, anda akan dihubungi pihak panitia seleksi dari STIN menjelang jadwal seleksi.

seluruh tahapan tes akan menjadi bahan pertimbangan, ingat prinsipnya, intelijen itu bukan tentara fisik, tapi tentara pikiran.

Anonymous said...

jadi bgmna yah saya tau tempat seleksi msuk stin yg di selenggarakan di makassar .?
berkas sy alhamdulillah sdh lengkap smua dri tgl 2 april kemarin di kirimnya
terimakasih

h3ru said...

@anon : harap bersabar, ditunggu. Nanti akan dihubungi pihak panitia seleksi lebih lanjut perihal lokasi tes

Anonymous said...

pendaftaran sudah tutup ya? baru ada lagi tahun depan?

S.A.S said...

maaf mau tanya,, lokasi tes yang di makassar ??

S.A.S said...

no.hp/ telp ga ada yg bs dihub. gmn tuh

h3ru said...

@anon : silahkan dilihat jadwal seleksi dan aturan pengiriman berkas, kalau sudah lewat berarti sudah ditutup!

@SAS : harap bersabar, ditunggu. Nanti akan dihubungi pihak panitia seleksi lebih lanjut perihal lokasi tes!

akhmad mushawwir said...

wilayah makassar masih bisa untuk pengiriman berkas min..?

h3ru said...

Sudah ditutup

Anonymous said...

Kalo penilaian untuk pantukhir dilihat dari segi apa ya?

h3ru said...

Banyak kriteria

Anonymous said...

Penilaian pantukhir itu bagaimana ya?

h3ru said...

@anon : silahkan cari digoogle tentang pantukhir

Anonymous said...

udah dftar aja dulu kaka. ikutin syrat2nya. nanti klo lulus psti dihubungin sm skolahnya kok.

daniel alex pasaribu said...

@klau pendaftaran dari balikpapan tanggal brpa terahir??

h3ru said...

Maaf teman-teman, pendaftaran STIN tahun 2013 sudah ditutup, jangan tanya soal pendaftaran lagi. Silahkan mengikuti tahun depan bagi yang sudah telat.
Terima Kasih

fajar hafian dani said...

kalau untuk bandung tidak tersedia pa ?

Anonymous said...

mas, klu diterima masa sekolahnya berapa tahun....

h3ru said...

@fajar : cari tempat terdekat

@anon : 4 tahun

Anonymous said...

Mas Heru....khan saudara saya mo ikut panthukhir akhir mei ini....seandainya diterima dan lulus...bsok kerjanya bagaimana ya? ini ibu teman sya msh bimbang soale...mohon pencerahan ya mkch
: krisna di jogja

Anonymous said...

Maaf mas,,apakah semua jurusan(IPS/IPA) bisa masuk? TERIMA KASIH

vito baskoro said...

saya tahun depan berusia 19 tahun,saya kuliah di sekolah kedinasan apa masih memenuhi persyaratan untuk ikut mendaftar di tahun 2014 ? mohon dibalas agar sesegera mungkin saya bisa mempersiapkan semuanya.

h3ru said...

Kerjanya di instansi terkait dg BIN, makanya sewaktu pendaftaran ada syarat surat kesediaan dari kedua org tua

h3ru said...

Bisa

h3ru said...

Silahkan melihat kondisi tahun depan, kalau saudara ingin mendaftar, persiapkan sedini mungkin supaya tidak kacau

Anonymous said...

kak heru ini mahasiswa stin ya?

h3ru said...

Bukan, saya bukan mahasiswa STIN. Tp punya interest di bidang intelijensia

Snow Wolf said...

mau tanya, kl masuk STIN itu jurusan IPS bisa gak ? n lalu setelah lulus STIN pekerjaan yang didapat dibidang apa ? apakah kepolisian bisa

Anonymous said...

tidak menerima cewekkah?? :(

h3ru said...

Seluruh lulusan SMA atau Sederajat bisa mendaftar, lulusan STIN itu utk SDM Badan Intelijen Negara, jadi pasti begitu lulus dapat kerja

h3ru said...

Pria/Wanita bisa mendaftar sesuai ketentuan

Anonymous said...

sebenarnya saya masih naik ke kls dua ini. tapi ya buat nyari" universitas. saya mau nanya klo IQ cuma 110, tapi nilai ujian yang lainnya tinggi. apakah kemungkinan bisa diterima. jadi intinya IQ sangat berpengaruhkan?

Anonymous said...

Maaf nanya kak, saya lulusan SMA (IPA) tahun ini dan baru mendaftar kuliah di salah satu Universitas binaan TNI (Angkatan), saya sangat berminat untuk mendaftar STIN tahun depan, yang ingin saya tanyakan apakah bisa mendaftar mahasiswa yang "bukan dari Perguruan Tinggi Negeri"? sesuai Persyaratan Umum diatas.
Mohon penjelasan dan terima kasih

andirambe said...

maaf kak, klu d medan dimna tempatnya,...??

james said...

maksud anada di hubungin pihak STIN bagaimana dia bisa hubungin kita yang lulus sedangkan kita tidah memnerika no hp/tlp ???

abimas gustaviansyah said...

maaf ka, apa bisa lulusan tahun 2012 ikut seleksi tahun depan (2014-2015). soalnya syarat diatas bisanya maks 2tahun setelah lulus?

h3ru said...

Silahkan ikuti tahun depan. Klo mau jd mhsswa STIN jgn bnyk nnya

h3ru said...

Gak masalah

h3ru said...

Pendaftaran sudah ditutup, silahkan ikuti tahun depan

h3ru said...

Pihak Panitia STIN telah memiliki data dii calon mahasiswanya, anda yg bkal dihubungi, bkn anda menghubungi

h3ru said...

Silahkan lihat syarat tahun depan. Kemungkinan ada perubahan atau tidak tergantung dr panitia seleksi STIN

Davin Primajodi said...

kesamaptaan terdiri dari apa aja?

h3ru said...

Maaf untuk semuanya, baca dengan seksama postingan di atas, pendaftaran telah ditutup. Jadi silahkan mengikuti terus perkembangan informasi pendaftaran tahun depan

Anonymous said...

Saya ingin bertanya, sistematis 'kuliah' di STIN seperti apa ya ?

Anonymous said...

-cuma pengen tau ajah jadwal2nya setelah penerimaan apa ajah,

h3ru said...

Sistematis Kuliah di STIN itu rahasia negara. Jadwal penerimaan silahkan lihat tahun depan, tahun ini sudah ditutup

Anonymous said...

-ka.heru,
mau tanya...
Sebelum dibuka pendaftaran yg ini,
sebelum.nya tanggal berapa ka?,


Saputri

Anonymous said...

-soal.nya cowo.ku udah ketrima tanggal 15april kemaren kalau ga salah...

Saputri

h3ru said...

@Saputri : maaf pendaftaran sudah ditutup

Anonymous said...

Bagaimana jika saya tahun dpn mendaftar STIN lalu saya jg mendapat SNMPTN undangan *amiiin* apakah harus ada yg ditinggalkan atau bisa saya ambil keduanya ?
Aldi

Hans said...

batasan umur sampe usia berapa mas?

Anonymous said...

Kalo misal minus 4 gimana mas?

Anonymous said...

klo sudah lulus kuliah tp mau msk BIN gmn carany..mohon petunjuk??

Zunhnes said...

Apa hrs bisa renang mas?sistem'y pengajaran'y kya semi-militer kah?mohon d jawab..trims#putri

Anonymous said...

maap mau tny..
Klo mau dftr jd anggota (CPNS) BIN gmn y,bulan apa saja biasa'n pembukaan?? Taun ini perkiraan bln apa,mohon info'n om heru??
Trms.. :)

Anonymous said...

di pendaftaran 2014 nanti,lulusan 2012 msh boleh ikut gk ya? apa ada batasan umur?

abdul jamil said...

mas ini berlaku di tahun 2014 juga?

Anonymous said...

alamat resmi BIN untuk perekrutan anggota baru apa y mas,yg bkn untuk akademinya??
''www.bin.go.id'' apakah sm pake alamat ini?? Mohon jwbny..=D

Bolot Budeg said...

Bung, mohon maaf, saya ada saudara cewek berprestasi akademik cukup bagus,lulusan SMK Perangkat Lunak Informatika tahun 2013 (dari kelas X-XII rangking 1 dengan nilai rata-rata 8,5). Saat ini ybs bekerja karena tidak ada biaya kuliah. Tingginya agak kurang dari syarat minimal yaitu hanya 155 cm. Mohon pencerahan utk casis STIN 2014

h3ru said...

Semua informasi pendaftaran STIN tahun 2014 kemungkinan berbeda dengan tahun 2013, silahkan ikuti terus perkembangan informasi pendaftaran STIN di laman Badan Intelijen Negara (www.bin.go.id). Utk semua peminat, silahkan mendaftar tanpa kecuali. Terima kasih

Ridwan Kholil said...

klo buat kalimantan / balikpapan belum terlambat kan buat ngumpul berkasnya ?

Anonymous said...

Apakah ada batasan umur untuk mendaftar sebagai Mahasiswa STIN?
Terima kasih atas infonya,


Nicolas Gesang

syahid abdi said...

apakah STIN benar-benar ada gan

Anonymous said...

Dari hari ke hari tambah rame nih yang tanya. yang jadi masalah sih sebetulnya pihak sekolah sendiri ngirit banget kasih info akibatnya pertanyaan2 sepele jadi berulang-ulang.
Kalau mau benar-benar tegas, ya kurang dari persyaratan gak bisa masuk kriteria. Jadi gak usah tanya lagi. Tapi ya itulah.. tetap mencari celah buat masa depan ngisi perut.

**Fos**

Anonymous said...

maaf mau nanya,..saya ini lulusan tahun 2010,..apa masih boleh ngikut seleksi buat tahun depan.?
terima kasih
Rizal hanz

Nabilla putri said...

Ini ga masalah IPA IPS kan ?
Trus yg katanya iQ minimal 120 itu bener ga ?

h3ru said...

Terima kasih atas pertanyaannya, untuk pendaftaran tahun 2014, silahkan menunggu informasi tahun depan

hamba Allah said...

Gan, itu berkas seperti skck, srt shat dokter dsb diminta asli apa ftocopynya aja

Tq beforr

bling-bling said...
This comment has been removed by the author.
bling-bling said...

Mas heru mau tanya dong, warna seragam STIN itu apa ya?. Penting banget nih infonya. Terimakasih.

Anonymous said...

Berjuang dengan ilkhlas, jgn terlalu berharap.

bling-bling said...

Please...anyone can answer my question? I need the answer. STIN seragamnya warna apa dan pakai evolet atau tidak?

Anonymous said...

Bang kalo pendaftaran tahun 2014 kapan di buka nya ?

Anonymous said...

Ini kok yang nanyany sama aja jenisnya? Silakan anda pertegas diri anda sendiri kalo ada yg kurang dri prsyaratan, berarti tdk bisa. Jgan mencari cari celah.

Anonymous said...

perkenalkan nama saya abu bakar,
saya mau tanya ,saya ini lulusan 2011 kira" saya bisa tidak mengikuti pendaftaran STIN di thn 2014 yg akan datang?tolong di bales

Anonymous said...

kalau misalnya lulusan paket C bisa ga ya mas ?

yessa angel said...

saya ingin mengikuti pendaftarn STIN u/ th 2014 .. untk mndapatkan formulir pendaftarn nya dimana ya ??

Anonymous said...

untuk palembang pendaftarannya dimana?

Asli Palsu said...

untuk penderita buta warna parsial apakah boleh ? terima kasih.

diki said...

kalau untuk pendaftaran yang 2014/2015 kapan yah?
mohon bantuan nyah terima kasih

Muhammad Arif Ahsan said...

Salam sejahtera dan semoga sehat selalu,,
saya admin www.hiburdunia.com ijin share informasi ini,,
sebelumnya saya ucapkan terima kasih

Arif Faisaluddin said...

Min, lo tau Info: Tlp./Fax 0251-8271470/484/485/468
HP.0813-80061847/0858-010177856 ini darimana ??? gua cari dmnapun gadapat tuh, lo kerja di BIN ? kalo gak, lo dapat darimana atuuh ??

jati kusumo said...

bang heru mau tanya, untuk taun ini pendaftarannya kan bisa online, tapi kok webnya stin tidak dapat dibuka?

Anonymous said...

asalamualaikum, maaf sebelumnya saya SMA kls 3 dan msih berumur 16 tahun, apa masih bisa di terima di STIN

raka shichi said...

mohon info pendaftaraan tahun 2014?

Ismail "Abu Fildza" Dzulhidayath said...

Untuk periode tahun ajaran 2014/2015 kapan mulai di buka

Anonymous said...

mas heru, tempat seleksi STIN daerah surabaya itu dimana?

muhammad aprildo said...

mas kapan pendaftaran STIN di buka tahun 2014/2015 ?

Anonymous said...

Mas, saya alumni thn 2013. Msh bs daftar ato tdk ya?
Pendaftaran 2014/2015 kpn d bknya?

Anonymous said...

Klo alumni thn 2012 msh bs gk?

wi said...

BUNG , kalau saat ngirim berkas lupa nulis jadwal dan tempat seleksi di ampolp gimana ya ?

Anonymous said...

kalo yang magelang sudah ditutup blm pendaftarannya ? ssebelum ngitrim berkas kudu daftar lewat on line ? maksih

Anonymous said...

kalo buat daerah padang kapan di tutup pendaftaran nya ?
selain pendaftaran online lewat pos juga bisa ya ?
mohon pencerahjannya.. makasih

Andhika januarfirmansyah said...

assalamualaikum. di dbg ga da pendaftarannya yah ? itu gada daftar online ? jadi langsung ngirim berkas aja ?

Fanny Roito said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Kalo dari prabumulih, sumsel paling lambat pengiriman tanggal berapa?

Anonymous said...

Selamat malam, maaf mengganggu semuanya ya, mohon bantuannya ttg prosedur STIN dlm penyampaian sms bagi yang lulus seleksi administrasi dikirimkannya kapan, sebelum penutupan pendaftaran atau sesudah penutupan pendaftaran terimakasih (Bram)

Anonymous said...

kakak heru,,cacad fisik nya gimana nnih,,,tulang tangan aku patah,,tpi ga ngaruh sama aktivitas sehari2 gimana????
bisa ga

ADIT PAPUA said...

di PAPUA ada ga yaa... daerah mana?

Dini Pusvita said...

Maaf saya mau nanyak nih. Batasan umur untuk mengikuti kuliah di STIN maksimal sampai umur berapa yah ? Mohon di balas ya, Terima kasih.

Post a Comment